Monday, June 24, 2013

CHOCOCHIPS COOKIES

loading...


Cookies pertamaku tahun ini ^_^ Terakhir kali membuat cookies adalah saat menerima orderan sebelum Lebaran tahun lalu, jadi hampir setahun ya aku gak bikin cookies hehehehe. Setiap mau bikin cookies selalu teringat gimana repotnya saat kejar tayang mengerjakan orderan cookies tahun lalu, ditambah rasa malas yang betah banget dipelihara, jadinya baru kesampaian bikin cookies ya sekarang ini.

Ini bukan tester cookies lho, karena memang aku gak bikin tester dan hanya mengerjakan pesanan cookies sesuai orderan saja. Bikin cookies ini juga dalam rangka pengen banget makan cookies yang nyoklat, renyah dan harum butter pastinya. Jadi dibelain deh bikin cookies, padahal butter lagi langka ya hihihi. 
Kalau biasanya chocochips cookies yang umum ditemui disini adalah cookies dengan campuran kacang dan chocochips, aku bikin yang tanpa kacang tapi menggunakan 2 jenis chocohips. Bentuknya juga sederhana karena hanya dicetak menggunakan bantuan 2 buah sendok. Biar kata bentuknya sederhana, rasanya enak (setidaknya menurutku lho ya), karena full butter dan memakai coklat bubuk pilihan.
Resepnya aku adaptasi dari Chocolate Cookies Joy of Baking dan sudah sedikit dimodif agar sesuai dengan seleraku.



CHOCOCHIPS COOKIES

Bahan :
113 gr unsalted butter (aku pakai butter salted)
105 gr gula palem (aku pakai 100 gr)
50 gr gula pasir (aku pakai 40 gr)
1 butir telur ukuran besar
1 sdt vanilla
130 gr tepung terigu serbaguna (aku pakai 120 gr)
10 gr maizena (aslinya tidak pakai)
30 gr coklat bubuk (aku pakai yang pekat)
1/2 sdt baking powder
1/8 sdt garam (aku tidak pakai)
100 gr chocochips (aku pakai bentuk bulat dan yang lancip ujungnya)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C, siapkan loyang cookies oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
- Kocok butter, gula palem dan gula pasir hingga mengembang dan lembut. 
- Masukkan telur dan vanilla, kocok hingga tercampur rata.
- Campur terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powder lalu ayak di atas adonan sambil diaduk hingga rata.
- Masukkan chocohips, aduk rata.
- Dengan bantuan 2 buah sendok (lebih oke lagi pakai scoop es krim), bentuk bulat kecil adonan dan letakkan di atas loyang. Beri jarak satu sama lain karena adonan akan melebar.
- Panggang selama kurang lebih 15 menit hingga matang.
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack baru kemudian dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Notes :
- Warna coklat bubuk akan mempengaruhi warna cookies ya. Kalau memakai coklat bubuk yang berwarna kemerahan maka cookies akan berwarna coklat.
- Bisa ditambahkan kacang-kacangan sesuai selera.
- Sesaat setelah keluar dari oven, cookies akan terasa lembek apabila disentuh. Jangan kuatir, karena setelah dingin cookies akan set dan menjadi renyah.
- Selalu dinginkan cookies di atas cooling rack hingga benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke toples atau wadah.




Alhamdulillah...akhirnya kesampaian juga menikmati homemade cookies. Smoga selanjutnya gak malas bikin cookies lagi ya ^_^
loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: