Thursday, September 19, 2013

TELUR GABUS

loading...


Ini salah satu cemilan kesukaanku. Biasanya gak pernah bikin sendiri dan seringnya beli. Dulu banget pernah bikin, tapi saking jadulnya sampai gak inget pakai resep yang mana hihihi. Entah kenapa kok akhir-akhir ini pengen banget makan telur gabus homemade. Saking niatnya dalam seminggu bisa 2x bikin telur gabus. Yang pertama bikin yang full tepung sagu tani. Hasilnya enak banget tapi bentuknya gak karuan hahahaha. Saking enaknya sampai-sampai telur gabusnya gak tahan lama. Entah karena beneran enak, atau orang rumah gak tega liat bentuknya jadi buru-buru dihabisin xixixixi. Yang kedua ini memakai campuran sagu tani, maizena dan terigu. Bentuknya masih gak karuan, gak bisa mulus seperti yang dijual itu, tapi masih lumayan lah dibandingan dengan yang pertama. Haduuh...masih penasaran aja deh ama telur gabus ini.

Telur gabus dikenal juga dengan nama widaran keju. Kalau Mamaku bilang ini namanya ndhog belanak atau telur belanak. Ada juga yang menyebutnya sebagai kue daki, serem amat ya namanya hahaha. Bikinnya menurutku ribet, harus memilin satu persatu dan juga menggunakan 2 macam minyak yaitu minyak dingin dan panas. Bagiku yang kurang telaten dan males lama-lama di dapur, bikin telur gabus ini bener-bener effort tersendiri deh. Tapi  demi ngemil telur gabus homemade, tetep aja dilakonin ya.

Kali ini aku memakai resep dari Majalah Sedap yang aku intip di blognya Mbak Hesti. Jangan bandingin telur gabus buatan Mbak Hesti dengan buatanku ya. Buatan Mbak Hesti bisa cantik banget, jauuuh dibandingin buatanku. Beda tangan emang beda hasilnya ya, jadi jangan pernah menyalahkan resep kalau hasilnya tidak sesuai seperti yang kita lihat ^_^




TELUR GABUS

Bahan :
3 butir telur
25 ml air
1 1/2 sdt garam
150 gr tepung sagu tani
75 gr tepung maizena
50 gr tepung terigu serbaguna
100 gr keju cheddar parut halus
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
- Campur dan ayak tepung sagu tani, maizena dan terigu. Sisihkan.
- Kocok lepas telur bersama air dan garam. Tuangkan ke dalam campuran tepung. Aduk rata.
- Masukkan keju cheddar parut. Aduk rata menggunakan tangan.
- Pilin kecil adonan memakai kedua telapak tangan (ujungnya lancip dan tengahnya menggelembung), kemudian masukkan ke dalam minyak dingin.
- Lakukan hingga agak banyak kemudian pindahkan ke minyak hangat.
- Nyalakan api sedang kemudian pindahkan lagi ke minyak yang panas. Goreng hingga matang dan kecoklatan. Lakukan hingga habis.
- Angkat dan tiriskan. Setelah benar-benar dingin baru dimasukkan ke dalam wadah.

Dari resep tersebut, aku memang memakai 3 jenis minyak yaitu minyak dingin, hangat dan sedang. Ceritanya ada yang bilang hasilnya akan lebih cantik bila memakai 3 jenis minyak. Ternyata....telur gabus buatanku masih berantakan walau sudah memakai 3 jenis minyak hihihihi. Next time pakai 2 jenis minyak aja deh, minyak dingin dan panas.




Rasanya enak juga kok, renyah dan empuk. Memang kurang ngeju sih, pastinya akan lebih mantap bila memakai parmesan atau edam. Tapi...kok sayang kejunya ya, mending dibuat bikin kastengel aja deh.
Eh ya....masih punya 1 resep telur gabus yang mau kucoba, yaitu resep yang memakai full tepung ketan. Kapan nyobainnya? Pastinya menunggu si rajin dan semangat datang ke dapurku ^_^



Telur gabusnya gak bisa mulus >.<
loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: