Wednesday, November 27, 2013

APPLE & BANANA CLAFOUTIS

loading...


Clafoutis (klafuti) merupakan salah satu dessert yang berasal dari Prancis. Dessert ini disajikan hangat dan aslinya memakai dark cherry sebagai salah satu bahannya. Pada perkembangannya terdapat berbagai variasi clafoutis, dimana dark cherry bisa diganti dengan berbagai macam buah sesuai selera. Cara pembuatannya sangat mudah dan memakai bahan-bahan yang cukup simpel, yaitu terigu, susu, krim kental, telur dan buah-buahan. Tekstur clafoutis yang lembut dengan cita rasa manis memang sangat cocok dijadikan sebagai menu dessert. Kalau kita di Indonesia mungkin mirip teksturnya dengan puding bakar.

Ini bukan clafoutis pertama yang kubuat. Pertama kali membuat memakai resep dari Martha Stewart dan sukses ludes tak tersisa sebelum sempat difoto (nasiib deh). Resep yang kugunakan kali ini adalah resep dari Dapur Daniar. Sengaja aku hunting resep yang memakai whipcream cair dalam jumlah sedikit, karena kebetulan ada whipcream cair sisa yang harus segera digunakan hihihi. Buahnya juga memakai yang ada di rumah aja. Kebetulan punya apel dan pisang, jadi diberdayakan aja. Berikut ini resepnya...



APPLE & BANANA CLAFOUTIS

Bahan :
1 buah (175 gr) apel
2 buah (200 gr) pisang
100 gr tepung terigu serbaguna, ayak
2 butir telur
75 gr gula pasir (kalau suka lebih manis bisa pakai 100 gr)
250 ml susu cair
3 sdm krim kental (whipcream cair)
50 gr margarin leleh
kismis secukupnya
kayu manis bubuk secukupnya untuk taburan (optional)

Cara Membuat :
- Siapkan pinggan tahan panas, oles tipis margarin. Panaskan oven 170'C
- Potong-potong apel dan pisang dengan ketebalan sedang kemudian tata di dasar pinggan. Sisihkan.
- Dalam suatu wadah, letakkan tepung terigu yang sudah diayak, buat lubang di tengahnya dan masukkan telur. Aduk hingga halus memakai balon whisk.
- Tuang susu, gula pasir, whipcream cair. Aduk hingga rata dan licin.
- Masukkan margarin leleh, aduk hingga rata.
- Tuang ke dalam pinggan yang sudah berisi apel dan pisang sedikit demi sedikit. Beri taburan kismis.
- Panggang selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang. Ketika sudah mulai set, bisa diberi taburan kayu manis bubuk dan lanjutkan memanggang hingga matang.
- Angkat dan siap disajikan hangat.




Teksturnya lembuuut banget, manisnya pas menurutku. Cocok sekali dijadikan teman minum teh di sore hari atau bahkan sebagai takjil saat berbuka puasa. Buah yang digunakan bisa diganti dengan pear, blueberry, strawberry atau sesuai selera ya. Bila sulit mencari krim kental atau whipcream cair, bisa memakai full susu cair. Puding bakar ala Indonesia juga pakai susu cair aja kan ya hehehehe.
Walaupun aslinya disajikan dalam keadaan hangat dan masuk dalam kategori 'hot dessert', tapi ternyata clafoutis enak juga disajikan dingin lho. Mau mencoba??
Happy Baking ^^













loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: