Wednesday, October 2, 2013

TAHU GEJROT

loading...


Tahu gejrot adalah salah satu hidangan khas Cirebon berupa tahu yang digoreng dan dipotong agak kecil serta disajikan dengan kuah. Cita rasa kuahnya adalah pedas, asam dan manis. Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana, tapi jangan salah ya, rasanya gak sederhana lho alias bikin ketagihan hihihihi. Bagi yang suka tentunya. Yang unik adalah para penjual tahu gejrot menyajikannya memakai piring tembikar dan tanpa menggunakan sendok atau garpu, cukup memakai tusuk gigi. Kesannya jadi tradisional banget ya.

Tahu gejrot tentu saja dengan mudah dijumpai di seputaran kota Cirebon, tapi sayangnya cukup sulit dijumpai di kota lain. Kebetulan suami dulu pernah tinggal di Cirebon, jadi terkadang suka kangen juga dengan hidangan khasnya. Tahu gejrot ini salah satunya. Sebenarnya kangen juga dengan empal gentong, tapi akunya belum bisa masaknya >_<  Karena gak ada yang jual tahu gejrot, jadi bikin sendiri aja yaa...




TAHU GEJROT


Bahan :
5 blok tahu pong
1 sdt garam
75 gr gula merah, sisir halus
1 sdt gula pasir
1 sdm air asam jawa
350 ml air
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus :
2 cabe merah
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sdt garam

Bumbu Tumbuk Kasar :
2 cabe hijau
10 cabe rawit (atau sesuai selera)
1 siung bawang putih
3 butir bawang merah

Cara Membuat :
- Rendam tahu dengan sedikit air dan garam selama kurang lebih 15 menit.
- Panaskan minyak, goreng tahu hingga matang. Kalau tidak ada tahu pong, goreng tahu dengan minyak yang cukup banyak, maka tahu akan bisa berongga tengahnya. Angkat dan tiriskan.
- Campur bumbu halus dengan air, gula merah, gula pasir dan air asam jawa. Masak hingga mendidih. Angkat.
- Siapkan piring saji, potong-potong tahu menjadi potongan yang kecil, taburi bumbu yang ditumbuk kasar dan siram dengan kuah.
- Siap disajikan.

Rasanya mantaaap. Just enjoy my picts yaa :)






Eh ya kuah tahu gejrot ini mirip banget dengan yang sering kubuat saat kecil dulu. Tapi tidak dinikmati dengan tahu melainkan dengan krupuk goreng pasir. Krupuknya dicelup-celupin ke kuahnya...duuuh...nikmat banget deh hehehehe.
loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: