Wednesday, January 22, 2014

BANANA CAKE

loading...


Bismillahirrohmanirrohim
Kembali dalam edisi panen pisang...Alhamdulillah. Harap maklum kalau sering posting tentang olahan pisang, karena memang pisang itu memang hasil kebun yang paling sering panen. Padahal kayanya baru kemarin ya bikin banana bread, eh...sekarang udah ada pisang lagi. Sebelum diolah menjadi banana cake, pisang ini sudah diolah menjadi kolak, pisang aroma, nagasari dan tentu saja pisang goreng. Banana cake ini adalah request Ayah yang memang suka sekali dengan kue-kue beraroma pisang. Biasanya aku membuat banana bread seperti yang beberapa waktu lalu kuposting. Sering juga aku membuat banana spongecake yang lembut. 

Kali ini aku  mencoba resep banana cake dari Joy of Baking. Tertarik dengan resep ini karena metode pembuatannya yang 'sedikit' berbeda dibandingkan banana cake yang biasa kubuat. Joy of Baking menyebutnya dengan metode 'quick method' atau 'one bowl'. Konon apabila metode ini dilakukan dengan tepat akan mengurangi struktur dari gluten sehingga akan menghasilkan cake yang terasa melt in the mouth, moist namun tetap padat. Naah...ini yang bikin aku penasaran. Karena ingin mengetahui tekstur aslinya, jadi metode pembuatannya aku nurut deh sesuai intruksi resepnya. Sedangkan bahan dan takaran resep, sedikit dimodif dari resep asli, yaitu penggunaan sour cream aku ganti dengan buttermilk dan dikurangi takaran gulanya.. Bisa juga kalau mau pakai yoghurt ya. Kebetulan masih punya sedikit kismis, jadi aku tambahkan sekalian. Karena memang sedikit banget, gak heran kalau kismisnya malu-malu tuh, banyak ngumpetnya daripada keliatannya hihihihi.




BANANA CAKE

Bahan :
3 buah pisang 
80 ml buttermilk
2 butir telur ukuran besar
230 gr tepung terigu serbaguna
180 gr gula pasir 
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt kayu manis bubuk (optional)
140 gr butter suhu ruang (boleh juga pakai margarin)
kismis secukupnya

Cara Membuat :
- Panaskan oven 170'C, siapkan loyang (aku pakai loyang tulban), olesi margarin dan taburi sedikit terigu. Sisihkan.
- Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
- Dengan menggunakan blender atau food processor, haluskan 2 pisang dan buttermilk hingga lembut. Tambahkan telur dan proses kembali hingga tercampur rata. 
- Lumatkan asal hancur 1 buah pisang menggunakan garpu kemudian tambahkan ke dalam campuran pisang dan telur. Sisihkan.
- Dalam suatu wadah, letakkan campuran terigu, gula dan kayu manis. Kocok dengan mixer speed rendah hingga tercampur rata. 
- Masukkan kismis, kocok rata.
- Tambahkan butter / margarin, kocok kembali hingga lembut.
- Masukkan sebagian campuran pisang dan kocok kembali dengan speed rendah hingga tercampur rata. Naikkan kecepatan mixer hingga speed tinggi selama kurang lebih 1,5 menit.
- Masukkan sisa campuran pisang dalam 2 bagian. Kocok rata dahulu sebelum memasukkan bagian selanjutnya. 
- Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 25-45 menit. 
- Angkat dan dinginkan di atas cooling rack.

Notes :
- Menurut joy of baking, yang paling penting dalam metode ini adalah proses pengocokan. Pastikan waktunya benar-benar sesuai. 
- Pastikan bahan-bahan dalam kondisi suhu ruang.
-  Pada resep asli, semua pisang langsung diblender menjadi 1 hingga benar-benar lembut. Kalau aku lebih suka menyisihkan 1 buah pisang untuk dilumatkan dengan garpu dan kemudian ditambahkan pada campuran pisang. Maksudnya adalah agar masih terasa tekstur potongan pisang pada cake. Silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing ya. 

Penggunaan buttermilk pada cake konon bisa membuat cake lebih empuk terutama ketika sudah dingin. Di Indonesia buttermilk tidak mudah dijumpai, jadi kita bisa membuat buttermilk homemade.

Cara Membuat Buttermilk Homemade :
- Hangatkan di atas api sebentar saja 1 cup (240-250 ml) susu cair. Angkat.
- Tambahkan 1 sdm air jeruk nipis / lemon atau 1 sdt cuka masak. Aduk rata.
- Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit maka susu akan pecah dan menggumpal. Sepintas mirip dengan susu basi. 
- Siap untuk digunakan

Hasilnya...memang banana cake yang cukup moist.  Rasanya cukup enak, walau hanya memakai 2 butir telur. Not bad laah.  Manisnya pas menurut seleraku. Lumayan sekali untuk cemilan di sore hari. Entah karena lapar, adek langsung habis 2 potong sekali makan hehehe. Alhamdulillah..








Selamat mencoba...Happy Baking ^^


loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: