Monday, January 27, 2014

TALAM LABU

loading...



Talam adalah salah satu jajanan tradisional yang cukup populer. Biasanya talam terbuat dari tepung beras atau tepung tapioka yang diadoni dengan santan dan kemudian dikukus dalam cetakan kecil. Selain menggunakan tepung beras atau tepung tapioka, talam juga bisa dibuat dengan campuran labu, ubi, kentang, talas atau juga singkong. Terdapat pula talam gurih yang terbuat dari ebi. 
Talam biasanya dibuat 2 warna sehingga cukup menarik. Warna bisa didapat dari bahan tambahan atau juga memakai pewarna. Misalnya saja talam yang menggunakan ubi ungu sebagai salah satu bahannya, maka akan didapatkan warna ungu yang cantik. Selain itu talam bisa dikreasikan dengan berbagai topping, misalnya nangka, kelapa muda atau bahkan mutiara. Menarik yaa.

Kali ini aku membuat talam labu. Kebetulan masih ada sisa labu kuning yang kubuat kolak, jadi segera diberdayakan menjadi talam. Awalnya aku tertarik sekali dengan talam buatan Mbak Hesti. Penampilannya cantik sekali dan setelah membaca resepnya ternyata talam ini memakai telur. Penasaran sekali karena selama ini aku hanya pernah mencoba resep talam yang tanpa telur. Menurut Mbak Hesti talam dengan resep ini jadinya lembut banget. Jadi....mari kita coba ya resepnya.




TALAM LABU
 Original recipe by Ira Rodrigues - Cooking Tackle

Bahan Adonan Labu :
180 gr labu kuning, kukus dan haluskan
200 ml santan kental
50 gr tepung beras
25 gr tepung tapioka
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
2 butir telur
1/4 sdt vanilli

Bahan Adonan Santan :
180 ml santan kental
40 gr tepung beras
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat :
- Campur semua bahan adonan labu kemudian blender hingga halus. Diamkan beberapa saat.
- Panaskan kukusan hingga mendidih dengan api besar. Setelah mendidih, kecilkan apinya dan bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih agar air tidak menetes.
- Tuang adonan ke cetakan / cucing yang sudah dioles minyak hingga 2/3 bagian. Kukus selama kurang lebih 10 menit.
- Campur semua bahan adonan santan dan aduk hingga rata. 
- Tuang adonan santan di atas adonan labu kemudian kukus kembali selama kurang lebih 5-8 menit hingga set.
- Angkat dan biarkan hingga tidak telalu panas baru dikeluarkan dari cetakan.
- Siap dihidangkan.

Notes :
Untuk membuat motif di atas adonan santan adalah dengan menuang sedikit adonan labu setelah adonan santan dikukus selama kurang lebih 2 menit.
Tarik adonan dengan tusuk gigi hingga membentuk motif yang diinginkan dan kukus kembali hingga matang.






Beneran deh...teksturnya benar-benar lembut. Enak sekali. Alhamdulillah talam labu ini laris manis. Jadinya sore, eh...sore itu juga langsung ludes hehehe. Mungkin karena memang kami sekeluarga penggemar talam ya, jadi cepet habisnya ^^



loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: