Wednesday, March 5, 2014

SOFT & MOIST BANANA CAKE

loading...


Rasanya gak pernah bosan dengan banana cake. Segala macam resep banana cake atau banana bread sudah dicoba, tapi kayanya bagiku enak semua ^^ Maklum memang penggemar olahan pisang dan memang bagiku cake yang paling favorit ya banana cake. Ketika beberapa waktu yang lalu Mbak Rachmah posting banana cake di FB, rasanya pengen cepet-cepet bikin. Ternyata gak lama setelah itu Mbak Hesti juga bikin. Review beliau berdua sama yaitu resep banana cake ini enaak banget, lembut dan moist. Tambah pengen aja kan jadinya hehehe.

Resep asli diambil dari Live, Love and Sugar. Dalam resep tersebut memakai sour milk atau susu asam. Ada pula yang menyebutnya buttermilk. Kita bisa membuat sendiri di rumah dengan mencampurkan air jeruk atau cuka masak pada susu. Pemakaian buttermilk pada adonan cake membuat tekstur cake menjadi lebih lembut. 
Aku hanya merubah sedikit resepnya, yaitu dengan mengurangi takaran terigu dan gula serta menambahkan pisang. Kebayang kan jadinya kerasa banget aroma pisangnya. Aku sengaja tidak menghancurkan pisang hingga benar-benar lembut, karena aku suka sekali kalau masih terasa potongan pisang di dalam cakenya.

Pada resep asli, cake disajikan dengan buttercream sedangkan aku tidak memakai tambahan buttercream pada penyajiannya ataupun memberi topping dan campuran lain pada adonan. Memang lagi pengen menikmati banana cake yang benar-benar kerasa pisangnya tanpa ada 'gangguan' rasa lain hihihi.




Berikut resep yang sudah aku konversikan ke gram ya. Apabila belum mempunyai measuring cup dan ingin mencoba resep-resep yang mencantumkan ukuran cup, bisa dilihat konversinya disini.


SOFT & MOIST BANANA CAKE

Bahan :
1/2 cup (115 gr) butter
1 cup (225 gr) gula ---> aku kurangi sedikit kira-kira jadi 200 gr
2 butir telur
1/2 sdt vanilla
2 1/4 gr (250 gr) tepung terigu protein sedang / rendah ---> aku pakai 2 cup
1/2 sdt soda kue
1 cup pisang ---> aku pakai 3 pisang, berat bersih tanpa kulit 300 gr, hancurkan dengan garpu
1/4 cup (62,5 ml) buttermilk (bisa juga pakai yoghurt)

Cara Membuat :
- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang diameter 20 cm, oles margarin dan alasi kertas roti (aku pakai loyang tulban, dioles margarin dan diberi taburan terigu).
- Campur dan ayak, tepung terigu dan soda kue. Sisihkan.
- Kocok butter dan gula hingga lembut. Tambahkan vanilla dan telur satu persatu, kocok hingga rata.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Jangan overmix ya.
- Masukkan pisang dan buttermilk. Aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang dan panggang hingga matang. Lakukan test tusuk. 
- Angkat dan biarkan hangat baru dipotong-potong





Kalau kami sekeluarga paling suka makan banana cake hangat, jadi memang gak perlu nunggu dingin untuk memotongnya. Setiap bikin banana cake, pasti gak bisa lama-lama fotoinnya, hehehe. Nih...sesaat setelah difoto, udah gak ada separuh loyang :D   
Entah pada doyan atau emang lapar yaaa



loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: